Rabu, 26 Oktober 2011

Senja di Platar ombo


Hari beranjak sore, matahari menguning lembut menyapa tubuh tak segarang tadi siang. Semilir angin sore nan sejuk, mengurai dedaunan mendendangkan nyanyian alam di bukit platar ombo.

Platar ombo adalah sebuah tempat di desa pundungsari, kecamatan semin, gunungkidul, Yogyakarta, sesuai namanya platar ombo (halaman/tanah lapang yang luas) memang berupa hamparan bebatuan putih (batu kapur) yang cukup luas, meski tak semuanya batu karena dikanan kirinya masih banyak juga tanah sawah / pertanian.

Paling enak jika ingin ke platar ombo adalah pada waktu sore hari sekitar jam 16.00 hingga menjelang maghrib, karena selain tidak lagi terik juga kita bisa merasakan terpaan angin semilir nan sejuk, sembari melihat pegunungan biru yang seakan mengelilingi kawasan platar ombo, dan jika kita melihat ke arah barat laut maka kitapun dapat melihat indahnya gunung merapi - merbabu, dari tempat itu.

Karena angin yang bertiup cukup besar tidak banyak terhalang pepohonan maka platar ombo juga merupakan tempat favorit bagi anak2 maupun orangtua bermain layang-layang besar (koang / bapangan).

Senjapun menjelang, matahari mulai tenggelam dibalik peraduan, meninggalan semburat merah di kaki cakrawala, mengiring sepasang kekasih yang beranjak pulang sembari mengucap salam pada bukit platar ombo.

Tidak ada komentar: