Selasa, 08 November 2011

''DAGADU'' bahasa gaul Jogja


Jogjakarta adalah kota yang mempunyai bermacam julukan, sebut saja misalnya kota pelajar, kota budaya, kota sepeda, kota seniman, dll. Selain sebagai daerah istimewa, jogja juga mempunyai berbagai keunikan, salah satunya adalah bahasa 'gaul' khas jogja atau disebut juga 'bahasa dagadu' (beda lho dengan kaos dagadu..). Mungkin bagi yang berasal atau tinggal di daerah jogja dan sekitarnya sudah tahu mengenai bahasa dagadu tersebut, yang memang sudah populer cukup lama. Namun tidak ada salahnya saya mencoba mengulas lagi. Pada dasarnya bahasa dagadu berasal dari huruf / aksara jawa yang ditukar susunannya, penjelasannya begini :

Huruf/aksara jawa susunannya sbb :

1. ha na ca ra ka
2. da ta sa wa la
3. pa dha ja ya nya
4. ma ga ba tha nga

Rumusnya baris ke-1 menjadi baris ke-3 (atau sebaliknya) dan baris ke-2 menjadi baris ke-4 (atau sebaliknya).
Contoh : kata 'bapak' (ba: dalam aksara jawa berada dibaris ke-4, menjadi sa:baris ke-2: dan pa:baris ke-3, menjadi ha:baris ke-1, sedang huruf 'k' sbg huruf mati menjadi huruf 'n') jadi 'bapak' dalam bahasa dagadu menjadi 'sahan'.
Coba kata lain :
Ibu = pisu
Mas = dab
Ora = poya
Japé méthé = cahé déwé
Sedangkan 'dagadu' sendiri berarti 'matamu' :) , kalau 'pabu sacilat'?? (hehe...guyon dab).

Kira-kira begitulah cara men-translate-kan kedalam bahasa dagadu, mohon maaf jika ada yang lebih tahu dan bisa menjelaskan secara terperinci.

Beruntung ternyata teman-teman kumpulan blogger edan yang tergabung dalam ojonesu.com telah mempublikasikan generator script dagadu ini, jadi kita yang ingin belajar gak usah repot2, terimakasih buat mas @lantip yang telah jenius membuat dagagu script ini.

Nah, kalau anda ingin mentranslate kedalam bahasa dagadu tinggal klik aja DISINI.

Semoga bermanfaat...!

Tidak ada komentar: