Selasa, 29 November 2011

Sudamanda : permainan tradisional masa lalu


Jenis permainan tradisional anak-anak memang bermacam-macam. Salah satunya yang masih terngiang dalam ingatan saya adalah 'sudamanda' (kayak nama jepang yach..?!), kurang tahu permainan ini asalnya dari mana dan sejak kapan muncul, yang jelas permainan ini sangat menyenangkan.

Sudamanda dimainkan diatas tanah, dengan cara menggambar sebuah bentuk / pola diatas tanah datar. Bentuk gambar / pola dari sudamanda inipun banyak jenisnya tergantung dari namanya, ada sudamanda payung / gunung, sudamanda kuping, sudamanda pesawat dan mungkin masih banyak lagi macamnya. Dan yang tak bisa dipisahkan dari sudamanda ini adalah 'gacok' yang berfungsi sebagai 'bola' dari permainan ini. Gacok ini biasanya hanya terbuat dari pecahan genting yang didapat dari sekitar pekarangan kita, jadi bentuknyapun tak beraturan dan uniknya kalau kita sudah cocok /pas dengan gacok pilihan kita maka kita akan simpan baik-baik gacok itu untuk digunakan esok hari.

Cara bermainnya memang sederhana, setelah gacok kita lempar ke salah satu kotak sudamanda, maka kita harus melompat-lompat dengan satu kaki (engklek) melewati kotak-kotak sudamanda hingga sampai ke ujung tetapi tidak boleh menginjak kotak yang ada gacoknya.

Permainan ini akan terasa asyik dan menyenangkan apabila dimainkan beramai-ramai dengan teman-teman kita, tetapi sayang sekarang ini sudamanda sudah jarang kita temui mungkin tergerus oleh perubahan jaman.

2 komentar:

tiny mengatakan...

wah...jd inget.., kykna skg emg dah gak ada.

sms mengatakan...

engklek yaa..., skg dah ganti ps ma ipad.