Selasa, 20 September 2011

Air liur obat luka


Saya mempunyai ilmu yang unik yang ingin saya bagikan kepada anda. Ilmu ini saya dapatkan dari seorang guru sewaktu masih SD (Sekolah Dasar), seingatku beliau memberi ajaran itu pada suatu sore saat beliau menjadi kakak pembina dalam kegiatan Pramuka. Tadinya saya juga tidak percaya akan hal itu, tapi kenyataannya ilmu itu sudah saya praktekan hingga sekarang, sudah hampir 30 tahun dan berhasil. Walau secara ilmiah saya belum tahu dapat dibuktikan atau tidak.
Ilmu itu adalah bahwa ternyata 'Air liur manusia dapat menjadi obat penyembuh luka'. Dan menurut guru saya itu, bukan asal air liur atau air ludah saja, tetapi yang paling berkhasiat yakni air liur yang ada dibawah lidah. Jadi cara menggunakannya adalah tekuk lidah kita keatas menyentuh langit2 mulut, lalu dengan jari (yang sudah bersih tentunya) ambil air liur yang ada dibawah lidah itu dan segera oleskan pada bagian yang terjadi luka. Tetapi pesan dari guru saya itu 'air liur ini sebaiknya jangan dioleskan untuk luka di sekitar wajah' (saya pernah mencoba dan memang agak sedikit pusing meskipun setelah itu tidak terjadi apa2). Memang hal ini terkesan jorok dan agak menjijikkan tapi menurut pengalaman saya efeknya cukup manjur. Cara itu sangat berguna apabila tiba2 kita terkena luka akibat tergores, tersayat pisau, lecet karena terjatuh atau yang lain, dan pada waktu yang sama tidak ada kotak P3K atau obat merah didekat kita, anda cukup membuka mulut, tekuk lidah, ambil air liur dengan jari dan oleskan pada luka. Berdasarkan pengalaman saya, justru air liur lebih cepat menghentikan pendarahan dan cepat membuat luka kita mengering / sembuh. Namun sekali lagi secara medis saya belum bisa membuktikan kandungan zat dan efek dari air liur tersebut. Saya tidak menyarankan kepada anda untuk menggunakan cara ini, saya hanya ingin berbagi pengalaman saja. Semoga ini bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar: