Senin, 28 November 2011

Khasiat buah duwet (jamblang)


Tahukah anda buah duwet? Buah duwet (syzgium cumini) atau disebut juga dengan juwet, jamblang atau jambolang memang banyak tumbuh di lereng pegunungan, pekarangan, kebon bahkan di kuburan. Tinggi pohonnya kira-kira 10-20 mtr dan bagus untuk bahan bangunan. Walaupun termasuk tumbuhan liar namun duwet sangat disukai terutama oleh anak-anak, biasanya setelah dipetik buah duwet dimasukan kedalam panci dan dikocok dengan garam, sehingga rasanyapun ramai : manis, asam, asin dan segar, setelah makan buah ini biasanya lidah kita akan berwarma keunguan. Tetapi buah sebesar buah anggur dengan warna keunguan ini ternyata memiliki segudang khasiat. Konon selain mencegah kelebihan kolesterol, duwet juga ampuh sebagai obat diabetes .

Duwet termasuk dalam jenis jambu-jambuan, buah ini mempunyai banyak varietas, dari yang kecil hingga ukuran lumayan besar. Warnanya pun beragam, ada yang keputihan, ada yang kehitaman hingga ungu. Menurut penelitian biji buah ini mengandung glukosida phytomelin. Zat ini dapat mengurangi kerapuhan pembuluh darah kapiler penyebab luka diabetes yang lama sembuhnya. Kelebihan kolesterol didalam darah juga bisa dicegah dengan mengkonsumsi buah (biji dan daging buah) duwet. Kandungan alfa phytosterol, sejenis sterol yang memiliki sifat mencegah kelebihan kolesterol atau anticholesteremik.
Sementara itu di dalam buah duwet juga banyak mengandung astringent yakni suatu zat yang dipercaya dapat membantu penyembuhan luka diabetes karena sifat astringent yang dapat menciutkan kulit.
Tak cukup sampai disitu, serat, vitamin dan beragam mineral juga terdapat di dalam duwet.
Semoga bermanfaat...!

Sumber : dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar: