Jumat, 25 November 2011

Klabet (sarang telur laba-laba), penyembuh luka.

'Klabet' bagi kebanyakan orang mungkin masih terdengar asing dan jika kita searching di google dengan keyword itu yang banyak muncul adalah nama sejenis tanaman untuk obat, tetapi yang saya maksud dengan 'klabet' disini adalah rumah / sarang telur laba-laba yang ternyata sangat berkhasiat untuk penyembuh luka.

Klabet (sarang telur laba-laba) ini bentuknya seperti gumpalan kapas berwarna putih dan biasanya banyak terdapat (menempel) di usuk / reng yang masih terbuat dari bambu. Ini merupakan pengalaman saya sewaktu kecil, ketika suatu hari jari tangan saya luka tergores pisau dan ketika almarhumah nenek saya melihat jari tangan saya yang berdarah, tiba-tiba beliau mendongak keatas mencari-cari sesuatu di usuk / reng rumah lalu beberapa saat kemudian beliaupun mendapatkan gumpalan seperti kapas putih yang ternyata bernama klabet tersebut, lentur dan agak lengket sehingga mudah ditempelkan pada bagian yang terluka, tidak perih malah agak terasa adem setelah ditempel klabet tersebut. Dan alhamdulillah selang dua hari kemudian luka gores itupun sembuh, sepertinya lebih cepat daripada memakai plester atau perban.

Saya pikir mungkin ada zat tertentu yang terkandung dalam 'klabet' tersebut sehingga berkhasiat cepat untuk menyembuhkan luka dan ini memang perlu penelitian dari para ahli, siapa tahu akan lebih berguna untuk banyak orang.

Yang jelas sampai saat ini terutama setelah tinggal di kota, saya belum pernah bertemu lagi dengan si 'klabet' itu. Mungkin kondisi dan tempatnya tidak cocok bagi laba-laba untuk membuat sarang bertelur.

Semoga bermanfaat..!

1 komentar:

dokunimus mengatakan...

Di rumah saya masih banyak bang. Daerah pedesaan