Senin, 19 September 2011

Penyakit maag dan ubi jalar

Penyakit maag adalah penyakit yang umum diderita oleh banyak orang, faktor penyebabnya antara lain pola makan yang tidak teratur, terlalu banyak minum kopi, minuman yang asam2 juga karena pikiran stress.
Saya sendiri mulai terkena penyakit tsb semenjak bekerja di perantuan, mungkin karena pekerjaan yang menumpuk membuat pikiran stress ditambah pola makan yang tidak baik, apalagi waktu itu saya gemar sekali minum kopi, sehari bisa 3 - 4 kali.
Sangat menyakitkan waktu pertama kali saya merasakan maag kambuh, perut rasanya seperti ditusuk2 pisau, duduk sakit, berbaringpun sakit, rasanya seperti mau pingsan saja, malah waktu itu saya sempat berpikir apakah saya kena santet.
Untunglah teman saya tanggap ia langsung pergi ke apotik dan memberikan saya obat, memang tidak langsung sembuh, tapi lambat laun rasa sakit itu mereda.
Semenjak itu penyakit maag saya kadang2 suka kambuh walaupun tidak terlalu sering, tapi cukup mengganggu. Berbagai obat pun saya coba, memang menyembuhkan pada saat penyakit itu menyerang, tapi diwaktu lain kambuh lagi.
Hingga suatu saat saya mendapat informasi dari teman, untuk mengkonsumsi ubi jalar. Sayapun segera menyuruh istri saya ke pasar membeli ubi jalar, setelah itu ubi jalar direbus hingga matang, dan saya makan begitu saja. Dalam jangka waktu kurang lebih seminggu saya makan ubi jalar tsb tiap hari, sebaiknya pagi2 sebelum di isi makanan yang lain. Alhamdulillah sejak saat itu penyakit maag saya tidak kambuh lagi hingga sekarang. Mungkin bagi teman2 yang punya penyakit yang sama, dapat mencobanya, insya allah tidak akan kumat lagi, tapi tentu saja harus dibarengi dengan pola makan yang baik dan hindari stress.

Tidak ada komentar: